MAHLIL, MIFTAHUL (2024) PENGARUH PENAMBAHAN CRUMB RUBBER DAN SUBTITUSI PASIR BESI PADA AGREGAT HALUS TERHADAP ASPAL BETON. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Miftahul Mahlil (190110153) Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Miftahul Mahlil (190110153) Abstrak.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Miftahul Mahlil (190110153) Bab 1.pdf

Download (988kB)
[img] Text
Miftahul Mahlil (190110153) Daftar Pusta.pdf

Download (595kB)
[img] Text
Miftahul Mahlil (190110153) pengaruh penambahan crumb rubber dan subtitusi pasir pada agregat halus terhadap aspal beton.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan volume dan beban kendaraan serta kondisi Indonesia yang memiliki iklim tropis merupakan penyebab banyaknya ditemukan kerusakan jalan. Maka diperlukan bahan alternatif baru yang dapat dipergunakan untuk bahan kontruksi jalan. Alternatif yang dapat digunakan dari limbah dan alam salah satunya crumb rubber dari limbah, pasir besi dari alam dan lain sebagainya untuk menggantikan bahan.Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik marshall menggunakan penambahan crumb rubber dan subtitusi pasir besi sebagai agregat halus dan perbandingan pasir besi pantai dengan pasir besi sungai terhadap parameter marshall dengan menggunakan metode kuantitatif berupa experimental labotarium. Dari hasil pengujian diperoleh kadar aspal optimum 6%. Pada benda uji melakukan penambahan crumb rubber 4% dan diagregat halus menggunakan subtitusi 25% pasir besi sungai menunjukan bahwa nilai Flow 4,947 terjadi kenaikan, dan terjadi penurunan terhadap nilai VMA 12,032 dan VIM 0,919 sehingga tidak memenuhi spesifikasi, sedangkan penggunaan pasir besi pantai 25% sebagai subtitusi agregat halus diperoleh nilai Density 2,337, VMA 14,459, VIM 3,653, VFA 75.005, Stability 1633, Flow 3,963, MQ 412,472, memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 revisi 2. Hasil dapat disimpulkan bahwa pengujian menunjukan pasir besi pantai lebih bagus dan mampu menahan beban lalu lintas yang lebih baik dan membuat struktur perkerasan lebih kaku dibandingkan pasir besi sungai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Miftahul Mahlil
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:18
Last Modified: 22 Jul 2024 02:18
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3405

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by