AHSYA, HILDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN PEMILAHAN SAMPAH DI SEKOLAH DASAR KOTA TEBING TINGGI DENGAN CONSTRUCT 2. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (39kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (123kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (129kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kota Tebing Tinggi, seperti banyak kota lain di Indonesia, menghadapi tantangan besar dalam pengelolaan sampah. Hal ini terutama menjadi perhatian di tingkat sekolah dasar yang berperan penting dalam membentuk karakter dan pengetahuan anak-anak tentang lingkungan. Kurangnya sumber daya dan media pembelajaran yang efektif sering kali menjadi penghalang dalam edukasi lingkungan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, teknologi dapat menjadi jawaban atas masalah ini. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah Construct 2, sebuah alat pembuatan game yang ramah pengguna, yang menawarkan solusi inovatif untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang menarik dan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa dalam pemilahan sampah melalui metode yang menyenangkan dan interaktif. Melalui penggunaan game yang dirancang dengan Construct 2, diharapkan siswa dapat belajar tentang pentingnya pemilahan sampah dengan cara yang lebih engaging dan memotivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini mampu menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan, menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan, dan memberikan kontribusi positif dalam mengenalkan pemilahan sampah di kalangan siswa sekolah dasar. Uji kelayakan yang dilakukan terhadap aplikasi ini mengungkapkan bahwa 85,83% pengguna merasa aplikasi ini mudah digunakan dan memenuhi ekspektasi mereka. Namun, terdapat 16,04% pengguna yang menghadapi kesulitan atau merasa tidak puas dengan aplikasi ini. Meskipun demikian, mayoritas pengguna memberikan tanggapan positif, menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini memiliki potensi besar untuk digunakan dalam pendidikan formal maupun informal. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran interaktif ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam pendidikan, membantu siswa menjadi lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan mereka. Selain itu, upaya ini juga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya pengurangan sampah di Kota Tebing Tinggi, menjadikan kota ini lebih bersih dan ramah lingkungan di masa depan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Hilda Ahsya |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:45 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:45 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3348 |
Actions (login required)
View Item |