Hasibuan, Muhammad Yasir Zuhdi (2024) Pengaruh Penambahan Variasi Beban Terhadap Pondasi Tiang Pancang (Studi kasus Jembatan Aek Pardamean Baru Kabupaten Mandailing Natal). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Muhammad Yasir Zuhdi Hasibuan_190110081_Cover.pdf Download (75kB) |
|
Text
Muhammad Yasir Zuhdi Hasibuan_190110081_Abstrak.pdf Download (79kB) |
|
Text
Muhammad Yasir Zuhdi Hasibuan_190110081_Bab 1.pdf Download (186kB) |
|
Text
Muhammad Yasir Zuhdi Hasibuan_190110081_Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) |
|
Text
Muhammad Yasir Zuhdi Hasibuan_190110081_Pengaruh Penambahan Variasi Beban Terhadap Pondasi Tiang Pancang (Srudi kasus Jembatan Aek Pardamean Baru Kabupaten Mandailing Natal).pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pondasi memiliki peranan sangat penting dalam suatu konstruksi, karena berfungsi untuk meneruskan beban stuktur diatasnya ke lapisan tanah dibawahnya, menurut (Kadarningsih & Achmad, 2014) penurunan yang berlebihan atau melebihi penurunan yang diijinkan dapat menyebabkan kerusakan struktur pada bangunan tersebut, maka dilakukan pengujian pembebanan tiang dan berdasarkan (SNI 8460, 2017) besar beban percobaan pada pelaksanaan uji pembebanan tiang adalah 200% dikalikan daya dukung rencana atau beban rencana dengan batas penurunan menurut (AASHTO LRFD, 2007) yaitu sekitar 25 mm hingga 50 mm untuk penurunan total yang diizinkan untuk jembatan. Penelitian ini untuk mengetahui penurunan yang terjadi pada pondasi tiang pancang Jembatan Aek Pardamean Baru berdasarkan data N-SPT dan parameter tanah apabila dilakukan penambahan variasi beban dalam jangka waktu 50 tahun. Metode yang digunakan metode numerik dengan Plaxis2D untuk penurunan tiang tunggal dan metode Poulos untuk tiang kelompok serta beban di variasikan sebesar 1,5P, 2P, dan 2,5P dari beban rencana. Berdasarkan hasil analisa penurunan tiang pancang tunggal terjadi penurunan berlebihan pada penurunan langsung tiang pancang tunggal dengan penambahan variasi beban dan tidak terjadi penurunan berlebihan pada penurunan berdasarkan beban rencana dengan rata-rata selisih 150% terhadap penurunan izin, sedangkan pada penurunan langsung tiang pancang kelompok terjadi penurunan berlebihan pada penambahan variasi 2P dan 2,5P. Adapun pada penurunan konsolidasi tiang pancang tunggal dan kelompok selama 50 tahun terjadi penurunan berlebihan atau melewati batas penurunan yang diizinkan dengan rata-rata selisih 102% terhadap penurunan izin. Kata Kunci : Pondasi tiang pancang, Penurunan langsung, Penurunan konsolidasi, Software Plaxis2D, Variasi beban
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TG Bridge engineering T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Muhammad Yasir Zuhdi Hasibuan |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 04:02 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 04:02 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3310 |
Actions (login required)
View Item |