Ranti, Dinda Amalia (2024) ANALISA PENGARUH JARAK ANTAR FASILITAS PUTAR BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS DI JL. A.H NASUTION, KOTA MEDAN). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
DindaAmaliaRanti_180110085_Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DindaAmaliaRanti_180110085_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DindaAmaliaRanti_180110085_Bab I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DindaAmaliaRanti_180110085_Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DindaAmaliaRanti_180110085_Analisa Pengaruh Jarak Antar Fasilitas Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Di JL. A.H Nasution Kota Medan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemacetan merupakan hal yang sering kita jumpai, kemacetan menyebabkan kegiatan lalu lintas terhambat. Salah satu penyebab kemacetan adalah banyaknya kendaraan yang melakukan putaran balik arah (U-Turn). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak antar U-Turn terhadap kinerja jalan dengan menggunakan metode PKJI 2014 dan Uji korelasi Spearman menggunakan aplikasi SPSS, serta dilakukan simulasi menggunakan aplikasi VISSIM. Hasil analisis menunjukan bahwa Jl. A.H Nasution di Jalur A (Barat-Timur) memiliki tingkat pelayanan jalan (LOS) Kelas E sedangkan pada Jl. A.H Nasution di Jalur B (Timur-Barat) memiliki tingkat pelayanan jalan (LOS) kelas D. Setelah dilakukan simulasi dengan beberapa alternatif jarak, didapatkan jarak yang ideal untuk U-Turn di Jl. A.H Nasution Kota Medan yaitu 300 Meter. Dikarenakan kecepatan lalu lintas yang meningkat yaitu pada Jalur A dari 13 Km/Jam menjadi 19 Km/Jam, sedangkan pada Jalur B 28 Km/Jam menjadi 29 Km/Jam. Waktu tundaan rata-rata kendaraan menurun yaitu pada Jalur A 7,59 det/skr menjadi 3,97 det/skr, sedangkan pada Jalur B 2,51 det/skr menjadi 2,46 det/skr. Dan panjang antrian kendaraan yang menurun yaitu pada Jalur A 15,7 Meter menjadi 9,94 Meter dan pada Jalur B 11,68 Meter menjadi 9,57 Meter. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh jarak antar U-Turn terhadap kinerja jalan tetapi tidak signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Dinda Amalia Ranti
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:40
Last Modified: 08 Jul 2024 07:40
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by