JANNAH, RIADHIL (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. S2 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
RIADHIL JANNAH_190710016_Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
RIADHIL JANNAH_190710016_Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
RIADHIL JANNAH_190710016_Bab 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
RIADHIL JANNAH_190710016_Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
RIADHIL JANNAH_190710016_Pengembangan bahan ajar berbasis RME terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

RIADHIL JANNAH : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024 Penggunaan metode dan media pembelajaran yang digunakan disekolah kurang bervariasi sehingga bahan ajar berbasis Realistic Mathematic Education menjadi sebuah bahan ajar yang berperan penting dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan adanya bahan ajar tersebut peserta didik lebih mudah untuk memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, uji coba kelompok kecil 6 peserta didik, dan uji coba kelompok besar 20 peserta didik. Hasil dari penelitian ini validasi ahli media dengan rata-rata kelayakan sebesar 92,48% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan validasi ahli materi rata-rata sebesar 93,33% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan dari hasil respon siswa atau pengisian angket kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa dengan rata-rata sebesar 90,95% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba kelompok besar 20 siswa dengan rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian bahan ajar berbasis Realistic Mathematic Education pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media ajar dalam proses pembelajaran matematika. Kata kunci : Bahan Ajar, Bangun Ruang Sisi Datar, Realistic Mathematic Education

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Riadhil jannah
Date Deposited: 22 May 2024 03:02
Last Modified: 22 May 2024 03:02
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2415

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by