Febriandini, Arsaputri (2024) TANGGUNG JAWAB PT. ASURANSI JASA RAHARJA (PERSERO) TERHADAP PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA SEBAGAI KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Penelitian Di kota Kisaran). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER.pdf Download (51kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (40kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
Abstract
Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Menteri keuangan RI No. 16/ PMK. 010/ 2017 tentang Besar Santunan Dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan menerangkan bahwa Ahli waris dari korban kecelakaan Lalu Lintas yang meninggal dunia berhak mendapatkan sebesar Rp 50.000.000,00, Catat tetap paling banyak Rp 50.000.000,00, biaya perawatan paling banyak Rp. 20.000.000,00 biaya penguburan (Tidak mempuyai ahli waris) Rp. 4.000.000,00, biaya pertolongan pertama pada korban kecelakaan Rp. 1.000.000,00, dan biaya ambulans Rp,, 500.000,00. Namun masih ada korban yang belum mendapatkan biaya santunan dan belum mengetahui tentang jaminan keselamatan yang di sediakan oleh PT. Jasa Raharja khususnya kendaraan bermotor roda dua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk tanggung jawab, faktor penghambat dan upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan tanggung jawab PT. Jasa Raharja terhadap pengemudi kendaraan bermotor roda dua yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas di Kota Kisaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif dan bentuk penelitian preskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan (field research), Dan penelitian dokumen / literatur (liberary research. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 4 tahap : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Jasa Raharja dalam melaksanakan tanggung jawabnya masih kurang maksimal. Hambatan yang datang dari pihak korban atau ahli warisnya yaitu korban kurang mengetahui mengenai bagaimana cara proses atau prosedur dalam mengajukan permohonan santunan ke PT.Jasa Raharja (Persero), dan kebanyakan korban kecelakaan tidak melakukan pelaporan kepada Unit Laka Polres terdekat ketika mengalami kecelakaan. Hambatan dari pihak PT. Jasa Raharja sangat minim personil yang menjalankan tugas operasional di lapangan khususnya yang bergerak di bidang pola sosialisasi jasa raharja. Upaya yang dilakukan PT Jasa Raharja berupaya mendatangi setiap kecelakaan yang ada untuk memberitahukan informasi santunan kecalakaan serta bekerja sama dengan rumah sakit dan polisi untuk mendapatkan berbagai informasi kecelakaan. PT. Jasa Raharja Perwakilan Kisaran diharapkan lebih memaksimalkan tanggung jawabnya dalam memberikan santunan asuransi kepada korban kecelakaan lalu lintas khususnya kendaraan bermotor roda dua, serta dapat berkoordinasi lebih baik agar semua korban kecelakaan lalu lintas mendapatkan haknya berupa biaya santunan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > 74201 - Program Studi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Febriandini Arsaputri |
Date Deposited: | 14 May 2024 07:50 |
Last Modified: | 14 May 2024 07:50 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2278 |
Actions (login required)
View Item |