Khaliza, Maizatul (2024) Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI_MAIZA (190720035).pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

MAIZATUL KHALIZA: Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Asam Basa. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada materi asam basa di MAS Ulumuddin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment design bentuk the one shot case study. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA MAS Ulumuddin yang berjumlah sebanyak 124 peserta didik. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 peserta didik. Pengumpulan data untuk melihat hasil belajar kognitif menggunakan soal tes yang diberikan kepada pesertadidik setelah mempelajari materi asam basa. Untuk hasil belajar afektifmenggunakan angket yang juga diberikan kepada peserta didik. Selanjutnya untukmelihat hasil belajar psikomotorik menggunakan lembar observasi yang diberikan kepada observer(pengamat). Hasil penelitian ranah kognitif (pengetahuan) memperoleh hasil yang sangat baik pada tingkat C1 sebesar 83,30%, C2 sebesar 73,30%, C4 sebesar 70,60%, sementara itu pada tingkat C3 masih terbilang cukup dengan persentase sebesar 50%. Hasil belajar efektif (sikap) didominasi padaaspek inisiatif sebesar 67,56%, aspek perhatian sebesar 66%, aspek motivasi sebesar 63,89%, dan aspek ketertarikan sebesar 62,22%. Hasil belajar psikomotorik (keterampilan) diukur dengan berdasar pada empat aspek yaitu,aspek persiapan sebesar 54,22%, aspek kerja sama sebesar 53,33%, aspek keterampilan sebesar 49,78%, dan aspek kemampuan sebesar 49,33%. Sehingga dapat disimpulkn bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model problem based learning pada materi asam dan basa baik dilakukan dalam proses pembelajaran yang meliputi ke tiga ranah pencapaian hasil belajar. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Asam Basa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: S. Pd Maizatul khaliza
Date Deposited: 14 May 2024 04:17
Last Modified: 14 May 2024 04:17
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by