Nur, Raihan (2021) GAME EDUKASI SIFAT BENDA PADAT UNTUK SISWA SD MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES SHUFFLE BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Halaman Cover.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Halaman Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Halaman Bab I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Halaman Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan game pada era digital 4.0 sudah sangat pesat. Masih banyak orang tua menggunakan cara konvensional untuk memperkenalkan sifat benda padat yang ada di sekitar kepada anak usia dini. Anak-anak akan mudah bosan belajar mengenal objek hanya dengan melihat gambar. Game edukasi yang berbentuk Menyusun kata, tebak gambar dan kuis berbasis android yang dirancang sedemikian menarik menggunakan gambar dan suara agar anak-anak tidak cepat bosan dalam belajar mengenal sifat benda padat. Game ini dibangun menggunakan metode fisher yates shuffle yang merupakan algoritma pengacakan permutasi asimetris dari himpunan terhingga. Peneliti berhasil membangun game menggunakan construct 2 dan mampu menerapkan metode fisher yates shuffle ke dalam aplikasi game, yaitu pada saat mengacak objek atau gambar pada menyusun kata dan tebak gambar serta mengacak soal pada kuis. Game yang dibangun terdapat 3 kategori, 30 level yang dibagi menjadi 10 level pada setiap tingkat kesulitan. Dari hasil pengujian black box setiap item atau fitur didalam game dapat berfungsi atau berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Raihan Nur
Date Deposited: 14 May 2024 02:27
Last Modified: 14 May 2024 02:27
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by