Mhd, Anggi (2024) Pelayanan kesehatan di puskesmas sigambal kecamatan rantau selatan kabupaten Labuhanbatu. S1 thesis, Universitas malikussaleh.

[img] Text
MHD ANGGI RIVAI TANJUNG_19021060_Cover.pdf

Download (29kB)
[img] Text
MHD ANGGI RIVAI TANJUNG_19021060_Abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
MHD ANGGI RIVAI TANJUNG_19021060_Bab 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
MHD ANGGI RIVAI TANJUNG_19021060_Daftar Pustaka.pdf

Download (54kB)
[img] Text
MHD ANGGI RIVAI TANJUNG 19021060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Sigambal, merupakan ujung tombak dalam pelayanan langsung kepada masyarakat pengguna layanan, terdapat beberapa pelayanan yang belum optimal sehingga terdapat kendala pelayanan yang di berikan. Banyak masyarakat yang mengeluh dengan pelayanan di Puskesmas Sigambal, mereka beranggapan bahwa pelayanan yang diberikan belum maksimal, padahal pelayanan kesehatan merupakan urusan wajib pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui standard dan kualitas standar pelayanan publik yang diberikan Puskesmas Sigambal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan standar pelayanan publik di Puskesmas Sigambal, yang dilihat menggunakan tiga teori standar pelayanan publik yang di kemukakan oleh Mahmudi (2010:230-231) yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, sarana dan prasarana pelayanan. Dari ketiga standar di atas sudah terdapat beberapa upaya penerapanan standar pelayanan publik yang telah dilakukan di Puskesmas Sigambal namun masih terdapat beberapa kekurangan dan kendala, Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan standar pelayanan publik di Puskesmas Sigambal belum maksimal, karena masih terdapat kekurangan dan kendala dalam standar pelayanan Puskesmas Sigambal yaitu keterbatasan sarana dan prasarana seperti kondisi bangunan dan tata letak seperti ruangan, ruang tunggu dan tempat parkir, yang kondisi bangunan yang sudah tua dan penempatannya yang belum pas untuk melakukan pelayanan, kedisiplinan pegawai, perawat yang belum sepenuhnya tepat waktu dan masih lalai akan tugas nya, dan pegawai Puskesmas Sigambal belum memiliki kemampuan atau keahlian dari tugasnya dikarenakan beberapa faktor antaranya: Pendidikan yang tidak sesuai, pegawai sering mengantikan tugas piketnya dengan para tenaga honorer, pelatihan yang masih minim yang berikan baik itu dari Puskesmas maupun dinas kesehatan. Upaya pihak Puskesmas Sigambal dalam meningkatkan pelayanan, memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas pegawai Puskesmas Sigambal, membantu masyarakat yang kesulitan dalam menerima pelayanan, memberi sanksi kepada pegawai yang tidak disiplin, dan mengajukan proposal kepada dinas kesehatan Labuhanbatu untuk pengajuan perbaikan sarana dan prasarana yang sudah rusak dan belum memedai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: MHD Anggi
Date Deposited: 13 May 2024 07:28
Last Modified: 13 May 2024 07:28
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by