Fizli, Mayuni (2023) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN PKJI 2014(STUDI KASUS JALAN MEDAN-BANDA ACEH, TIKUNGAN COT SEURANI, KEC. MUARA BATU, KAB. ACEH UTARA). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
MAYUNI FIZLI_170110163_COVER.pdf Download (117kB) |
|
Text
MAYUNI FIZLI_170110163_ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text
MAYUNI FIZLI_170110163_BAB 1.pdf Download (18kB) |
|
Text
NAYUNI FIZLI-170110163_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
Text
MAYUNI FIZLI_170110163_Analisi Kinerja Ruas Jalan Menggunakan Metode MKJI 1997 dan PKJIN 2014 ( Studi Kasus Jalan Medan- Banda Aceh, Tikungan Cot Seurani, Kec. Muara Batu, Kab. Aceh Utara).pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Transportasi adalah satu sarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Tranportasi sebagi salh hal yang sangat dibuthkan bagi kehidupan sehari-hari. Baik sarana transportasi darat seperti kereta api, sepeda motor, mobil, bis dan masih banyak lagi. Sedangkan transportasi laut menggunakan kapal dan trsnportasi udara menggunakan pesawat dan helicopter. Namun dalam penggunaan transportasi digunkan susuai kebutuhan dan sesuai eungan dan jarak yang akan di tempuh. Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sedang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Sepeda motor menjadi pilihan alat transportasi masyarakat karena beberapa alasan, yang pertama harga sepeda motor relatif murah dari mobil dan kendaraan lainnya, yang kedua adalah sepeda motor adalah alat transportasi yang sangat praktis, Alasan yang ketiga, jika di bandingkan dengan mobil, konsumsi bahan sepeda motor jauh lebih irit. Kendaraan sepeda motor mengalami pertumbuhan dan keberadaan dalam lalu lintas campuran pada jalan 4 lajur 2 arah dengan median memberikan pengaruh pada kecepatan lalu lintas sangat kuat. Studi dilakukan di ruas Jalan Medan-Banda Aceh, Tikungan Cot Serani, Krueng Mane dengan mengambil 2 arah pengamatan. Survei dilakukan Hari Senin s/d Minggu pada jam sibuk pagi, jam sibuk siang dan jam sibuk sore. Analisis yang digunakan untuk menentukan nilai ekr adalah dengan menggunakan metode MKJI 1997 dan metode PKJI 2014. Didapatkan nilai pengaruh kendaraan sepeda motor pada arah Medan-Banda Aceh yaitu 246,38 dan pada arah Banda Aceh-Medan yaitu 243,94. Dan data perbandingan proporsi sepeda motor pada Hari Kamis arah Medan-Banda Aceh sebesar 56,30%, dan arah Banda Aceh-Medan sebesar 56,14%. Sedangkan data untuk kapasitas pada Jalan Kecamatan, Kabupaten Rokan Hilir sebesar 2.513,808 skr/jam. Arus dan kapasitas yang dinyatakan dalam smp/jam telah diproleh, kemudian digunakan untuk menghitung derajat kejenuhan. Derajat kejenuhan yang didapat pada Jalan Medan-Banda Aceh, Tikungan Cot Serani, Krueng mane adalah 0,55. Kata Kunci: Kendaraan sepeda motor, Kecepatan arus lalu lintas, Kapasitas ruas jalan, ekivalen kendaraan r
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Mayuni Fizli |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:43 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:43 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
View Item |