Raudhatiilah, Novi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA KELAS VIII DI MTS SWASTA SYAMSUDDHUHA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Novi Raudhatillah_190730034_Cover.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Novi Raudhatillah_190730034_Abstrak.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Novi Raudhatillah_190730034_BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Novi Raudhatillah_190730034_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Novi Raudhatillah_190730034_Skripsi Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran imkuiri berbasis saintifik terhadap keterampilan generik sains siswa kelas VIII pada materi pesawat sederhana di MTs Swasta Syamsyuddhuha. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan nonequivqlent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Swasta Syamsyuddhuha yang berjumlah 6 kelas. Teknik pemgambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah VIII-2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis saintifik dan VIII-3 yang berjumlah 22 siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbasis Saintifik berpengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa pada materi pesawat sederhana. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil keterampilan generik sains siswa pada kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan model inkuiri berbasis saintifik sebesar 87,95. Sedangkan nilai rata-rata hasil keterampilan generik sains siswa pada kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan model konvensional sebesar 73,37. Hasil uji hipotesis pretest memperoleh nilai 0,811 > 0,05, artinya H0 diterima. Sedangkan uji hipotesis posttest memperoleh nilai 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima. Dengan demikian, peningkatan keterampilan generik sains siswa pada materi pesawat sederhana kelas VIII MTs Swasta Syamsyuddhuha lebih tinggi jika pembelajaran menggunakan model inkuiri berbasis saintifik dibandingkan dengan menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Novi Raudhatillah
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:24
Last Modified: 01 Apr 2024 03:24
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by