POHAN, MUHAMMAD FHADHOOIL AKROM (2024) ANALISIS MODEL MALETZKE DALAM LITERASI MEDIA SOSIAL DIKALANGAN IBU-IBU DI KELURAHAN BINCAR. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
SKRIPSI FHADHOOIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Model Maletzke Dalam Literasi Media Sosial Dikalangan Ibu-Ibu Di Kelurahan Bincar, Kota Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengekplorasi bagaimana literasi media sosial dikalangan ibu-ibu dalam menanggapi penyebaran informasi pada media sosial facebook di Kelurahan Bincar Kota Padangsidimpuan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sedikit informan yang terliterasi dengan baik sesuai dengan tujuan literasi media menurut Art Silverblat, hal ini sebabkan oleh faktor lingkungan keluarga informan, dimana informan tersebut diketahui bahwa memiliki keluarga yang terlebih dahulu terpapar teknologi dibandingkan informan lainnya, sehingga menciptakan kepribadian yang terliterasi dengan baik, dimana keseluruhan informan memiliki kesadaran diri akan penyebaran informasi melalui media sosial facebook, hal ini tak terlepas akan pengaruh agama, bahasa, adat istiadat, serta latar belakang pendidikan, selain itu terdapat beberapa, lalu terdapat sejumlah informan yang diketahui telah melalui pilihan kritis dalam memilih informasi yang beredar di media sosial facebook, hanya sedikit informan pernah melakukan aksi literasi media sosial dilingkungan sekitarnya, hal ini dipengaruhi oleh tingkat literasi masing-masing individu informan, dalam model Maletzke dijelaskan bahwa efek dari media massa dapat diketahui ketika individu telah mengonsumsi isi media massa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Fhadhooil Akrom Pohan
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:13
Last Modified: 28 Mar 2024 03:13
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by