Armansah, Aldi (2024) Nilai Pendidikan Tinggi bagi Anak Buruh tani (Studi Kasus di Desa Tambang kaluang Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Aldi Armansah. 190250095. Cover.pdf Download (17kB) |
|
Text
Aldi Armansah. 190250095. ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
Aldi Armansah. 190250095. BAB I. pdf.pdf Download (28kB) |
|
Text
Aldi Armansah. 190250095. Daftar Pustaka. pdf.pdf Download (300kB) |
|
Text
Aldi Armansah.190250095. Skripsi Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Nilai Pendidikan Tinggi Bagi Anak Buruh Tani (Studi Kasus Di Desa Tambang Kaluang Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai pendidikan tinggi bagi anak buruh tani dan bagaimana proses pembentukan nilai pendidikan tinggi bagi anak buruh tani. Penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial. Menurut Gillin dan Gillin, interaksi sosial ialah diartikan sebagai proses terjadinya hubungan timbal balik atau saling berhubungan antar individu dan memberikan pengaruh satu sama lainnya, interaksi yang terjadi apabila telah memenuhi proses sebagai aspek kehidupan bersama yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan tinggi bagi anak buruh tani Desa Tambang Kaluang terdapat nilai vital. Nilai vital ialah segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat hidup dan mengadakan kegiatan atau aktivitas. Pada penelitian ini nilai vital menunjukkan bahwa anak buruh tani Desa Tambang Kaluang menilai pendidikan tinggi sangatlah penting karena mengingat pendidikan adalah salah satu kebutuhan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan kehidupan yang lebih baik. Proses pembentukan nilai pendidikan tinggi bagi anak buruh tani Di Desa Tambang Kaluang melalui sosialisasi oleh a) keluarga, b) sekolah, c) teman sebaya dan d) media sosial. Sosialisasi dalam keluarga dilakukan oleh orang tua terhadap anak buruh tani yaitu orang tua memberikan dukungan dan pertimbangan kepada anaknya untuk mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sosialisasi di sekolah dilakukan oleh guru dan kegiatan pengenalan kampus oleh mahasiswa yang ikut berperan dalam memberikan informasi tentang pendidikan tinggi. Sosialisasi dari teman sebaya dan media sosial yang memberikan informasi tentang pendidikan tinggi sehingga anak buruh tani Desa Tambang Kaluang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Tinggi, Anak Buruh Tani, Desa Tambang Kaluang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201 - Jurusan Sosiologi |
Depositing User: | Aldi Armansah Batubara |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 02:51 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 02:51 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1827 |
Actions (login required)
View Item |