TANJUNG, BAHARUDDIN ALI (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH (Studi Kasus BSI Kota Lhokseumawe). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER_BAHARUDDIN ALI TANJUNG_210440004.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK_BAHARUDDIN ALI TANJUNG_210440004.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I_BAHARUDDIN ALI TANJUNG_210440004.pdf

Download (438kB)
[img] Text
DASPU_BAHARUDDIN ALI TANJUNG_210440004.pdf

Download (255kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAHARUDDIN ALI TANJUNG_210440004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan Islam, kualitas layanan, promosi, dan religiusitas terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan produk perbankan Islam (studi kasus BSI Kota Lhokseumawe). Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 143.635 nasabah. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 100 nasabah. Instrumen penelitian dengan uji validitas, uji reliabilitas. Uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Metode analisis yang digunakan adalah IBM SPSS 27. Uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), uji koefisien determinasi R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan Islam secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (3,976 > dari t tabel sebesar 1,985). dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas layanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (t hitung 1,389 < t tabel 1,985) dengan nilai signifikansi 0,168 > 0,05). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (t hitung 4,727 > t tabel 1,985) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (t hitung 4,476 > t tabel 1,985) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05). Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (t hitung 4,727 > t tabel 1,985) dengan nilai signifikansi (0,000 <0,05). Religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (t hitung 4,476 > t tabel 1,985) dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05). Secara simultan, literasi keuangan Islam, kualitas layanan, promosi, dan religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (F hitung 119,476 > F tabel 2,467) dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05). Sisanya 16,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, berdasarkan uji R2 yang menunjukkan 0,834 atau 83,4% Kata kunci: Literasi Keuangan Syariah,Kualitas Pelayanan, Promosi, Religiusitas Keputusan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 60202 - Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Baharuddin Ali Tanjung
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:32
Last Modified: 12 Nov 2025 04:32
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/17077

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by