dzawil, khaira (2025) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER.pdf Download (8MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (253kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
|
|
Text
SKRIPSI_ DZAWIL KHAIRA_NIM 210720022.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
DZAWIL KHAIRA: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATIC (STEAM) Terhadap Kreativitas Dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Sistem Koloid. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) terhadap kreativitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem koloid. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain Intact Group Comparison, melibatkan dua kelas XI di SMAN 2 Lhokseumawe sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan STEAM dan kelas kontrol dengan model PjBL tanpa pendekatan STEAM. Instrumen pengumpulan data berupa angket kreativitas dan lembar observasi kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEAM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kreativitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Nilai rata-rata kreativitas kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, demikian pula dengan hasil observasi kolaborasi yang menunjukkan peningkatan per indikator di kelas eksperimen. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan STEAM efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan kolaboratif, serta mampu menghubungkan pembelajaran kimia dengan kehidupan sehari-hari secara bermakna. Oleh karena itu, pendekatan STEAM direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi abad 21 peserta didik. Kata Kunci: STEAM, kreativitas, keterampilan kolaborasi, sistem koloid, PjBL.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Dzawil Dzawil Khaira Jafardi |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 08:28 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 08:28 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16730 |
Available Versions of this Item
- PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID. (deposited 20 Oct 2025 08:28) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |




