DZAWIL, KHAIRA (2025) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID. p. 145.

[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

DZAWIL KHAIRA: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATIC (STEAM) Terhadap Kreativitas Dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Sistem Koloid. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) terhadap kreativitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem koloid. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain Intact Group Comparison, melibatkan dua kelas XI di SMAN 2 Lhokseumawe sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan STEAM dan kelas kontrol dengan model PjBL tanpa pendekatan STEAM. Instrumen pengumpulan data berupa angket kreativitas dan lembar observasi kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEAM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kreativitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Nilai rata-rata kreativitas kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, demikian pula dengan hasil observasi kolaborasi yang menunjukkan peningkatan per indikator di kelas eksperimen. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan STEAM efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan kolaboratif, serta mampu menghubungkan pembelajaran kimia dengan kehidupan sehari-hari secara bermakna. Oleh karena itu, pendekatan STEAM direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi abad 21 peserta didik. Kata Kunci: STEAM, kreativitas, keterampilan kolaborasi, sistem koloid, PjBL.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Dzawil Dzawil Khaira Jafardi
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:21
Last Modified: 20 Oct 2025 03:21
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16721

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by