Dadina, Ayu Daun (2024) Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Struktur Atom Berbasis Literasi Kimia Melalui Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice di SMA Negeri 1 Gandapura. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
ABSTRAK(1).pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (310kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (309kB)
[img] Text
Skripsi__full_Ayu Daun Dadina_200720032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa pada materi struktur atom berbasis literasi kimia menggunakan tes diagnostik three tier multiple choice di SMA Negeri 1 Gandapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk melihat sejuah mana siswa paham konsep, miskonsepsi dan tidak paham konsep setelah mempelajari materi struktur atom. Peneliti hanya menganalisis butir soal yang sudah dikerjakan oleh siswa tanpa adanya proses mengajar yang dilakukan peneliti. Proses mengajar dilakukan oleh guru mata pelajaran kimia yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gandapura dengan sampel kelas XI IPAS-3 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes diagnostik yang terdiri dari tingkatan soal pertama soal pilihan ganda berbasis literasi kimia, tingkatan kedua alasan siswa yang merujuk pada jawaban pada tingkatan pertama dan tingkatan ketiga tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal tersebut. Teknik analisis data menggunakan rumus paham konsep, miskonsepsi dan tidak paham konsep. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konsep siswa pada materi struktur atom berbasis literasi kimia melalui tes diagnostik three tier multiple choice terdapat rata-rata siswa yang paham konsep sebesar 46,78%, miskonsepsi sebesar 44,64% dan tidak paham konsep sebesar 8,57%. Hasil pemahaman konsep siswa tersebut berkategorikan cukup. Kata Kunci: Pemahaman konsep, struktur atom, tes diagnostik three tier multiple choice

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: AYU DAUN DADINA
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:45
Last Modified: 21 Mar 2024 07:45
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by