Dadina, Ayu Daun (2024) Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Struktur Atom Berbasis Literasi Kimia Melalui Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice di SMA Negeri 1 Gandapura. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (187kB) |
|
Text
ABSTRAK(1).pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (310kB) |
|
Text
Daftar Pustaka (1).pdf Download (309kB) |
|
Text
Skripsi__full_Ayu Daun Dadina_200720032.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa pada materi struktur atom berbasis literasi kimia menggunakan tes diagnostik three tier multiple choice di SMA Negeri 1 Gandapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk melihat sejuah mana siswa paham konsep, miskonsepsi dan tidak paham konsep setelah mempelajari materi struktur atom. Peneliti hanya menganalisis butir soal yang sudah dikerjakan oleh siswa tanpa adanya proses mengajar yang dilakukan peneliti. Proses mengajar dilakukan oleh guru mata pelajaran kimia yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gandapura dengan sampel kelas XI IPAS-3 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes diagnostik yang terdiri dari tingkatan soal pertama soal pilihan ganda berbasis literasi kimia, tingkatan kedua alasan siswa yang merujuk pada jawaban pada tingkatan pertama dan tingkatan ketiga tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal tersebut. Teknik analisis data menggunakan rumus paham konsep, miskonsepsi dan tidak paham konsep. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konsep siswa pada materi struktur atom berbasis literasi kimia melalui tes diagnostik three tier multiple choice terdapat rata-rata siswa yang paham konsep sebesar 46,78%, miskonsepsi sebesar 44,64% dan tidak paham konsep sebesar 8,57%. Hasil pemahaman konsep siswa tersebut berkategorikan cukup. Kata Kunci: Pemahaman konsep, struktur atom, tes diagnostik three tier multiple choice
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | AYU DAUN DADINA |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:45 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:45 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1665 |
Actions (login required)
View Item |