Siregar, Yunda Irawan (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Literasi Numerasi Siswa Pada Pelajaran Fisika. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover skripsi .pdf

Download (228kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
SKRIPSI_Yunda_Irawan_Siregar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video terhadap kemampuan literasi sains dan literasi numerasi siswa pada pelajaran fisika kelas XI SMA Negeri 1 Muara Batu. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muara Batu pada semester ganjil 2023/2024 dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari 2 kelas dari 4 kelas XI yang belajar fisika. Kelas yang menjadi kelas eksperimen ialah kelas XI IPAS 3 dan kelas XI IPAS 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data untuk mengukur kemampuan literasi sains dan literasi numerasi yaitu dengan nilai pre-test dan post-test. Teknik analisis data yaitu dimulai dengan uji validitas kemudian uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah penelitian ini makadigunakan uji hipotesis dan Uji N-Gain. Hasil penelitian memperlihatkan berdasarkan dari data hasil penelitian dan analisis data peneliti maka diperoleh nilai untuk literasi sains rata- rata N-Gain kelas eksperimen adalah 0.73 sedangkan N-Gain kelas kontrol adalah 0.46. Untuk nilai rata-rata N-Gain untuk literasi numerasi kelas ekperimen 0.72 sedangkan kelas kontrol 0.48. jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media video mampu meningkatkan kemampuan literasi sains dan literasi numerasi siswa kelas XI pada pelajaran fisika. Kata Kunci: PBL, Literasi sains, Literasi Numerasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: YUNDA IRAWAN SIREGAR
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:01
Last Modified: 21 Mar 2024 07:01
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by