Munandar, M. Arif (2025) IMPLEMENTASI DIGITALISASI PENDIDIKAN DI MAN INSAN CENDEKIA ACEH TIMUR. S2 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
M. Arif Munandar_236310301015_cover.pdf Download (113kB) |
|
|
Text
M. Arif Munandar_236310301015_abstrak.pdf Download (118kB) |
|
|
Text
M. Arif Munandar_236310301015_BAB I.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
M Arif Munandar_236310301015_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
M. Arif Munandar_236310301015_Implementasi digitalisasi pendidikan di MAN INSAN CENDEKIA ACEH TIMUR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini oleh kebutuhan lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan transformasi digital, sebagaimana diamanatkan oleh Keputusan Menteri Agama Nomor 788 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). MAN Insan Cendekia Aceh Timur menjadi menarik untuk dikaji karena mampu menjalankan digitalisasi pendidikan secara efektif meskipun tanpa dukungan struktur teknologi informasi (TI) formal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan digitalisasi pendidikan di MAN Insan Cendekia Aceh Timur serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digitalisasi di MAN IC Aceh Timur berjalan cukup efektif berkat peran aktif kepemimpinan kepala madrasah, kesiapan sumber daya manusia, serta pemanfaatan sarana digital seperti Google Classroom dan Zoom. Faktor pendukung utama meliputi komunikasi internal yang intensif dan komitmen guru sebagai agen pelaksana kebijakan. Kesimpulannya, keberhasilan implementasi digitalisasi pendidikan di MAN IC Aceh Timur tidak hanya bergantung pada ketersediaan struktur formal, tetapi juga pada inisiatif, kolaborasi, dan budaya kerja adaptif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi madrasah lain dalam menerapkan SPBE secara mandiri dan inovatif, meskipun dengan keterbatasan sumber daya. Kata Kunci: Digitalisasi, Pendidikan, SPBE, Implementasi, Kebijakan
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > 63103 - Magister Administrasi Publik |
| Depositing User: | M ARIF MUNANDAR |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:30 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 06:30 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




