Jannah, Misbahul (2023) ANALISIS GEOMETRIK JALAN RAYA TERHADAP KECELAKAAN (Studi Kasus Tikungan Jalan Banda Aceh – Medan, Gampong Paru). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Musbahul Jannah_160110242_cover.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Misbahul Jannah_160110242_abstrak.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Misbahul Jannah_160110242_Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Misbahul Jannah_160110242_Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB)
[img] Text
MISBAHUL JANNAH_160110242_Analisis Geometrik Jalan Raya terhadap Kecelakaan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada Tikungan di ruas jalan Banda Aceh - Medan, tepatnya di Gampong Paru, Kecamatan Pidie Jaya, merupakan salah satu lokasi yang seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas. Berbagai penelitian tentang analisis geometrik terhadap kecelakaan telah banyak dilakukan di beberapa Negara yang menghasilkan kesimpulan berbeda-beda sehingga, mendorong peneliti untuk mengetahui lebih jauh mengenai analisis geometrik jalan terhadap kecelakaan yang terjadi di Indonesia, khususnya untuk studi kasus Tikungan jalan Banda Aceh – Medan, Gampong Paru, Kabupaten Pidie Jaya. Pengumpulan data primer yang meliputi data kecepatan sesaat, volume lalu lintas, kondisi dan perlengkapan geometrik jalan yang diperoleh dari hasil survey dilapangan. Sedang data sekunder meliputi data kecelakaan dari Laka Lantas Kabupaten Pidie Jaya dan data populas penduduk yang diperoleh dari internet. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan adalah jarak pandang henti (jh) jika di analisis dari dua arah (Banda Aceh – Medan) masing-masing 62,871 m < 120 m dan 62,871 m < 120. Kemudian untuk hasil perhitungan dari analisis dua arah (Banda Aceh – Medan), rasio derajat kejenuhan pada lokasi penelitian yaitu kurang dari 1 atau lebih tepatnya masing-masing 0,00812 dan 0,00808, yang berarti jalan tersebut tingkat arus lalu lintasnya lancar, sehingga para pengendara memiliki kemungkinan besar mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu, Kondisi jalan pada malam hari yang kurang baik, menjelaskan bahwa pada lokasi penelitian ini penerangan pada jalan tersebut sangat buruk. Penerangan yang buruk dapat mempersempit jarak pandang pengguna jalan, sehingga akan berpotensi besar terjadinya kecelakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Misbahul Jannah Misbahul
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:37
Last Modified: 19 Mar 2024 07:38
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by