JANNAH, RAUZATUL (2025) PENGEMBANGAN MODUL BERBENTUK KOMIK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI GAYA DI SMP N 2 DEWANTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
cover.pdf

Download (61kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Rauzatul Jannah: Pengembangan Modul Berbentuk Komik Berbasis Kontekstual pada Materi Gaya di SMP N 2 Dewantara. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul berbentuk komik berbasis kontekstual pada materi gaya di SMP N 2 Dewantara, mengetahui kepraktisan modul berbentuk komik berbasis kontekstual pada materi gaya, dan untuk mengetahui keefektifan modul berbentuk komik berbasis kontekstual pada materi gaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE meliputi lima tahap penelitian yaitu, tahap Analisis (Analysis) dilakukan analisis kebutuhan dan materi dengan melakukan wawancara guru dan dua siswa, tahap Perancangan (Design) merancang kerangka awal modul berbentuk komik yang dirancang melalui aplikasi clip studio dan dirancang sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa, tahap Pengembangan (Development) validasi produk menggunakan angket oleh ahli dua materi, dua media, respon guru, dan uji coba kelompok kecil yang berjumlah 10 siswa, selanjutnya tahap Implementasi (Implementation) produk yang sudah valid akan di uji coba pemakaiannya ke siswa kelas VII di SMP N 2 Dewantara sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa, dan tahap Evaluasi (Evaluation) hasil keseluruhan dari seluruh tahapan yang digunakan untuk penyempurnaan. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kelayakan dan kepraktisan modul dari ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui kefektifan modul dengan mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif yaitu untuk menganalisis data yang terkumpul dari angket ahli materi, ahli media, guru dan siswa menggunakan skala likert. Sedangkan kualitatif digunakan untuk mengolah hasil angket yang berupa kritik dan saran dari para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbentuk komik berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA dengan rata-rata persentase dari ahli media yaitu 94,00%, dari ahli materi 90,26%, dan dari guru 95,83%. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk komik termasuk dalam kategori sangat valid atau sangat layak. Modul pembelajaran berbentuk komik berbasis kontekstual sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai kepraktisan modul secara keseluruhan 87,23% pada skala kecil dan 92,79% pada skala besar yaitu berada pada kategori Sangat Praktis. Modul pembelajaran berbentuk komik berbasis kontekstual yang telah dikembangkan cukup efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil uji N-gain mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0.66 dengan kategori sedang yaitu termasuk kedalam kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa Modul pembelajaran berbentuk komik berbasis kontekstual dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Modul, komik, kontekstual, gaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Rauzatul j Rauzatul Oja
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:03
Last Modified: 24 Sep 2025 04:03
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16094

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by