ANANDA, MEISY (2025) GAMBARAN KOMPETENSI INTERPERSONAL MAHASISWA YANG MENGALAMI NOMOPHOBIA DI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
meisy_ananda_cover.pdf

Download (236kB)
[img] Text
_meisy_ananda_abstrak.pdf

Download (644kB)
[img] Text
meisy_ananda_ ba b 1.pdf

Download (649kB)
[img] Text
meisy_ananda_ dapus.pdf

Download (572kB)
[img] Text
skripsi meisy ananda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kompetensi interpersonal mahasiswa yang mengalami nomophobia di Universitas Malikussaleh. Untuk memperoleh gambaran kompetensi interpersonal menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala kompetensi interpersonal yang di modifikasi dari skala Ramadhani, berdasarkan aspek kompetensi interpersonal yaitu, kemampuan berinisiatif, kemampuan bersikap terbuka, kemampuan bersikap asertif, kemampuan membarikan dukungan emosional dan kemampuan mengatasi konflik. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa yang terindikasi nomophobia, memiliki kompetensi interpersonal tergolong sedang . Aspek kompetensi interpersonal tertinggi terdapat pada aspek kemampuan bersikap terbuka, sedangkan aspek terendah terdapat pada aspek kemampuan memberikan dukungan emosional. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun mengalami nomophobia, mahasiswa mampu berkomunikasi, berinteraksi serta dapat menjaga hubungan dengan orang lain namun belum optimal dan masih bisa berkembang agar lebih efektif dalam brinteraksi, berkomunikasi serta membangun relasi sosial yang baik. Kata kunci : Kompetensi interpersonal, nomophobia, mahasiswa vi ABSTRACT This study aims to explorethe interpersonal competence of students of students experiencing nomophobia at Malikussaleh University. To obtain this description, the study employed a quantitative method with descriptive analysis, aiming to present a systematic overview. The sampling technique used was purposive sampling. The research utilized an interpersonal competence scale modified from Ramadhani, which includes the following aspects The results showed that students indicated as experiencing nomophobia had a moderate level of interpersonal competence. The highest aspect was openness, while the lowest was the ability to provide emotional support. These findings indicate that despite experiencing nomophobia, Students are able to communicate, interact, and maintain relationships with others; however, these abilities are not yet optimal and still have room for development in order to interact, communicate, and build positive social relationships more effectively. Key words: Interpersonal competence, nomophobia, university students

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > 73201 - Program Studi Psikologi
Depositing User: Meisy Ananda
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:34
Last Modified: 19 Sep 2025 07:34
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15859

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by