Retno Sundari, Retno (2023) Analisis Kerusakan Jalan dengan menggunakan Metode PCI dan SDI pada Perkerasan Lentur Jl.Medan-Banda Aceh. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Retno Sundari_170110012_cover.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Retno Sundari_170110012_Abstrak.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Retno Sundari_170110012_Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Retno Sundari_170110012_Daftar Pustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Retno Sundari_170110012_Analisis Kerusakan Jalan dengan menggunakan Metode PCI dan SDI pada Perkerasan Lentur Jl.Medan-Banda Aceh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Jl. Medan-banda Aceh merupakan jalan lintas provinsi yang menghubungkan kota Medan dengan kota Banda Aceh, jalan tersebut termasuk jenis jalan kolektor. Dalam bidang transportasi dikenal beberapa metode yang dapat digunakan dalam menentukan jenis penanganan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakannya. Dua metode diantaranya adalah metode PCI dan metode SDI, untuk mengetahui kondisi jalan tersebut apakah masih dalam keadaan baik atau perlunya program pemeliharaan dan perbaikan secara berkala. Penelitian ini dilakukan di Jl. Medan-Banda Aceh dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan metode PCI dan SDI, jenis dan tingkat kerusakannya serta menentukan jenis pemeliharaan yang sesuai. Berdasarkan hasil analisis diketahui kondisi perkerasan dengan menggunakan nilai Pavement Condition Index (PCI) dan Surface Distress Index (SDI) pada ruas jalan Jl. Medan-Banda Aceh Hasil Persentase tertinggi untuk nilai PCI sebesar 8% pada ratting very poor, 10% pada ratting poor, 8% pada ratting fair, 13% pada ratting good, 17% pada ratting very good, 34% pada ratting excellent. Dan untuk metode Surface Distress Index (SDI) didapatkan persentase 83% segmen pada kondisi baik, 17% segmen pada kondisi sedang, 0% segmen rusak ringan dan 0% segmen rusak berat. Berdasarkan metode PCI didapatkan hasil rata-rata kerusakan pada ruas Jl. Medan – Banda Aceh (Batuphat-Blang Pulo) Sta 258+000 s/d 259+500 yaitu sebesar 62, dan metode SDI didapatkan hasil rata-rata yaitu sebesar 19. Ruas jalan termasuk kedalam program pemeliharaan rutin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Retno Sundari
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:47
Last Modified: 18 Mar 2024 07:47
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by