WAHYUDI, WAHYUDI (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (130kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (294kB) |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Muara Satu Kota Lhokseumawe. Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Muara Satu dianggap kurang memadai, berdasarkan pengamatan awal dan ulasan masyarakat di Google Maps. Variabel kualitas pelayanan diukur menggunakan lima dimensi model SERVQUAL, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sedangkan kepuasan pasien diukur berdasarkan empat dimensi menurut Imbalo S. Pohan (2015), yakni akses layanan kesehatan, mutu layanan kesehatan, proses layanan kesehatan, dan sistem layanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pasien Puskesmas Muara Satu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,653. Dengan demikian, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasien. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua item kuesioner valid, dan uji reliabilitas menunjukkan kuesioner yang digunakan reliabel. Uji normalitas data juga menunjukkan bahwa data terdistribusi secara normal. Ada hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di Puskesmas Muara Satu. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak Puskesmas Muara Satu dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan, sehingga pelayanan yang diberikan dapat lebih optimal dan sesuai dengan harapan masyarakat. Diharapkan kedepannya agar kualitas pelayanan dapat dipertahankan maka pihak puskesmas harus memperhatikan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti fasilitas, kinerja serta aspek-aspek pendukung lainya. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, Puskesmas Muara Satu
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
| Depositing User: | WAHYUDI WAHYUDI |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:27 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 06:27 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




