SAIPAH, NINI (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BERBANTUAN VIDEO ANIMASI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
NINI SAIPAH_210710069_COVER.pdf

Download (131kB)
[img] Text
NINI SAIPAH_210710069_ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
NINI SAIPAH_210710069_BAB 1.pdf

Download (506kB)
[img] Text
NINI SAIPAH_210710069_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
NINI SAIPAH_210710069_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BERBANTUAN VIDEO ANIMASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa seringkali disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif, diantaranya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning(PjBL) berbantuan video animasi lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi peluang. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Lhokseumawe. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan dipilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil pengujian non parametrik uji Mann Whitney hipotesis menunjukkan bahwa nilai asym sig (2-tailed) adalah 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi lebih baik secara signifikan daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi peluang. Kata kunci: Kemampuan penalaran matematis siswa, Project Based Learning (PjBL), video animasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: NINI SAIPAH
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:51
Last Modified: 18 Sep 2025 03:51
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15583

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by