Apriani, Apriani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GETARAN DI SMP 1 COT GIREK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Inkuiri terbimbing adalah suatu model pembelajaran inkuiri yang pada pelaksanaannya siswa bekerja, untuk menemukan jawaban terhadap masalah yang dikemukakan oleh guru dibawah bimbingan yang inisiatif dari guru. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMP N 1 Cot Girek permasalahan yang didapat adalah materi fisika yang tergolong sulit dipahami oleh kebanyakan siswa, dikarenakan kemampuan pemecahan masalah siswa rendah, sehingga siswa tidak dapat memecahkan masalah fisika dengan baik. Adapun hambatan guru pelajaran fisika adalah kesulitan dalam mengkondisikan suasana kelas yang kondusif serta berkolaborasi untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu peneliti menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan LKPD berbasis SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi getaran . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A di SMP N 1 Cot Girek Jln.Malem Dewa No.1,desa Cot Girek Kabupaten Aceh Utara, provinsi Aceh pada tanggal 28 November s/d 03 desember 2022, semester genap tahun aaran 2021/2022, berjumlah 23 siswa, terdiri dari 13 perempuan dan 10 laki-laki . Hasil penelitian menjelaskan pembelajaran inkuiri terbimbing dikelas VII A SMP N 1 Cot Girek dapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini didapat dari nilai postest kedua kelas dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 90,65 dan pada kelas kontrol dengan nilai 43,91. Dan hasil hipotesis penelitian berupa posttest yang memperoleh nilai sig 0,04<0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima maka terdapat pengaruh penerapan model Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan LKPD berbasis SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi getaran. Kata kunci : getaran, pemecahan masalah, model pembelajaran inquiri terbimbing LKPD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Apriani Apriani
Date Deposited: 15 Mar 2024 06:52
Last Modified: 15 Mar 2024 06:52
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by