Masyitah, Silvia (2025) PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
2021_SILVIA MASYITAH_210730017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Pendekatan Education for Sustainable Development Terhadap Kemampuan Berpikir Sistem Peserta Didik SMA dalam konteks pembelajaran fisika. Metode yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian melibatkan dua kelas XI di SMA Negeri 1 Kuta Makmur, masing-masing terdiri atas 20 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Kelas eksperimen (XI-A1) mendapatkan pembelajaran dengan model Sains Teknologi Masyarakat berbasis Education for Sustainable Development, sedangkan kelas kontrol (XI-A2) mengikuti model direct instruction. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak delapan soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen masing-masing adalah pretest 38,75 dan posttest 80,80, sedangkan pada kelas kontrol pretest 43,35 dan posttest 71,25. Uji Independent Samples T-Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05, yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan dari model Sains Teknologi Masyarakat Dengan Pendekatan Education for Sustainable Development terhadap kemampuan berpikir sistem peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Silvia Masyitah
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:43
Last Modified: 15 Sep 2025 04:43
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15391

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by