Andari, Lala (2024) Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics dan Soal Kemampuan Literasi Numerasi Menggunakan Canva. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Lala Andari_190710031_Cover.pdf Download (27kB) |
|
Text
Lala Andari_190710031_Abstrak.pdf Download (19kB) |
|
Text
Lala Andari_190710031_Bab 1.pdf Download (122kB) |
|
Text
Lala Andari_190710031_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
Lala Andari_190710031_Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics dan Soal Kemampuan Literasi Numerasi Menggunakan Canva.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK Lala Andari: Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics dan Soal Kemampuan Literasi Numerasi Menggunakan Canva. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Minimnya sumber belajar yang guru gunakan serta kurang terhubungnya pembelajaran dalam dunia nyata menyebabkan pembelajaran menjadi lebih abstrak sehingga sulit untuk dipahami dan diterapkan oleh perserta didik dalam kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar handout berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics (STEAM) dan soal kemampuan literasi numerasi menggunakan canva yang valid, praktis dan efektif melalui model pengembangan 4D, yaitu: 1) define, 2) design, 3) development dan 4) disseminate. Teknik pengumpulan data berupa data uji ahli media dan ahli materi, data angket respon peserta didik, data hasil wawancara bersama guru matematika serta data hasil jawaban peserta didik terhadap soal tes. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Swasta Bangun Mulia, P. Brandan. Data hasil rata-rata skor uji validasi oleh 2 dosen ahli media 97,8% dengan kriteria sangat valid dan hasil rata-rata skor validasi ahli materi 87% dengan kriteria valid. Kepraktisan diperoleh melalui hasil respon peserta didik sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Data hasil ketuntasan peserta didik secara klasikal sebesar 79,4% dengan kriteria cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa handout berbasis pendekatan STEAM dan soal kemampuan literasi numerasi menggunakan canva valid, sangat praktis dan cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Canva; Handout; Kemampuan Literasi Numerasi; Pendekatan STEAM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lala Andari |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:17 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:17 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1528 |
Actions (login required)
View Item |