Diniyati, Cut Nur Safrida (2025) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENUMPANG BUS ANGKUTAN UMUM APABILA TERJADI KECELAKAAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (Studi Penelitian Pada Perusahaan Pengangkutan Bus Umum Di Lhokseumawe). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER CUT NURSAFRIDA DINIYATI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK CUT NUR SAFRIDA DINIYATI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I CUT NUR SAFRIDA DINIYATI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAPUS CUT NUR SAFRIDA DINIYATI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
SKRIPSI CUT NUR SAFRIDA DINIYATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur secara komprehensif mengenai perlindungan hukum bagi penumpang Bus angkutan umum, khususnya dalam hal terjadinya kecelakaan. Perlindungan ini merupakan upaya negara dalam menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kepastian hukum bagi setiap warga negara yang menggunakan jasa angkutan umum. Namun dalam praktiknya, pelaksanaan di Lapangan masih lemah banyak penumpang Bus angkutan umum yang belum mendapatkan ganti rugi yang layak apabila terjadi kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perlindungan hukum bagi penumpang Bus angkutan umum apabila terjadi kecelakaan berdasarkan Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pertanggungjawaban yang dilakukan oleh pihak Perusahaan Pengangkutan Bus Umum di Lhokseumawe apabila terjadi kecelakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris yang bersifat deskriptif. Data penelitian bersumber pada data primer, Teknik pengumpulan data melalui responden dan informan dan diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Perlindungan hukum terhadap penumpang Bus angkutan umum di Lhokseumawe belum sepenuhnya terlaksana secara efektif. Pertanggung jawaban yang dilakukan oleh pihak Perusahaan Bus angkutan umum di Lhokseumawe terhadap penumpang belum dilaksanakan secara optimal dimana perusahaan Bus hanya mengandalkan santunan dari pihak asuransi wajib (Jasa Raharja) dan tidak memberikan ganti rugi tambahan atas kerugian yang diderita korban, baik kerugian materiil maupun immateril. Disarankan kepada agar perusahaan terus meningkatkan kualitas pelayanan, baik dalam aspek keselamatan, kenyamanan, maupun perlindungan hukum terhadap penumpang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > 74201 - Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Cut Nur Safrida Diniyati
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:24
Last Modified: 10 Sep 2025 06:24
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by