almunawarah, almunawarah (2025) PENGEMBANGAN LKPD TERKAIT PENGOLAHAN LIMBAH ORGANIK BERBASIS GREEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI MTsS SYAMSUDDHUHA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Almunawarah_210720019_Cover.pdf Download (93kB) |
|
|
Text
Almunawarah_210720019_Abstrak.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
Almunawarah_210720019_Bab 1.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
Almunawarah_210720019_Daftar Pustaka.pdf Download (179kB) |
|
|
Text
Almunawarah_210720019_PENGEMBANGAN LKPD TERKAIT PENGOLAHAN LIMBAH ORGANIK BERBASIS GREEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI MTsS SYAMSUDDHUHA.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
ALMUNAWARAH: Pengembangan LKPD Terkait Pengolahan Limbah Organik Berbasis Green Economy Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Di MTsS Syamsuddhuha. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan LKPD terkait pengolahan limbah organik berbasis green economy serta mengetahui peningkatan literasi sains peserta didik kelas VIII pada materi unsur, senyawa, dan campuran di MTs Syamsuddhuha. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model 4D: define (analisis kebutuhan), design (perancangan LKPD), development (validasi oleh 2 dosen dan 2 guru, serta uji coba siswa), dan disseminate (implementasi dan pengukuran literasi sains menggunakan desain Two-Group Pretest-Posttest pada 43 siswa kelas VIII1 dan VIII2). Data non-tes dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan validasi, sedangkan data tes menggunakan soal literasi yang telah divalidasi, dengan hasil reliabilitas 0,78 (tinggi), tingkat kesukaran sedang (7 soal) dan mudah (1 soal), serta daya pembeda bervariasi dari sangat baik hingga cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dinilai sangat valid oleh ahli materi (85%), ahli media (94%), dan guru (91%). Respon siswa terhadap LKPD juga sangat baik, dengan skor awal 91% dan akhir 85%. Uji N-gain menunjukkan peningkatan literasi sains kategori sedang di kelas eksperimen dan rendah di kelas kontrol, dengan data normal namun tidak homogen, serta hasil uji-t yang signifikan. Dengan demikian, LKPD ini valid dan efektif meningkatkan literasi sains siswa serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Almunawarah Almunawarah |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 08:51 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 08:51 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




