AULIA, KEYSHA (2025) APLIKASI MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN BUAH-BUAHAN BERBAHASA ARAB UNTUK ANAK USIA 6-8 TAHUN BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ALGORITMA SLAM (SIMULTANEOUS LOCALIZATION AND MAPPING) (STUDI KASUS : MADRASAH AFD V MAYANG). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (171kB) |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (348kB) |
|
|
Text
BAB I TGA.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
|
Text
FULL TEXT TGA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital saat ini mendorong dunia pendidikan untuk terus berinovasi, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan algoritma SLAM (Simultaneous Localization and Mapping) yang ditujukan untuk anak-anak usia 6–8 tahun di Madrasah AFD V Mayang. Fokus utama dari media ini adalah memperkenalkan kosakata buah-buahan dalam bahasa Arab secara visual, menarik, serta menyenangkan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Aplikasi dikembangkan menggunakan metode waterfall yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi menggunakan Unity 3D dan Blender, pengujian, serta evaluasi. Aplikasi memungkinkan anak-anak memindai permukaan nyata melalui kamera perangkat Android dan menampilkan objek 3D buah-buahan beserta pelafalan dalam bahasa Arab tanpa menggunakan marker. Desain antarmuka aplikasi dibuat sederhana, interaktif, dan ramah anak agar mempermudah siswa memahami materi secara mandiri maupun dengan pendampingan guru. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diketahui bahwa 80,33% siswa mengalami peningkatan pemahaman terhadap kosakata buah-buahan berbahasa Arab, sedangkan 86% siswa merasa lebih antusias dan fokus belajar menggunakan media ini dibandingkan metode konvensional. Guru juga memberikan tanggapan positif terhadap kebermanfaatan aplikasi sebagai media bantu ajar yang efektif dan menyenangkan. Dengan stabilitas objek 3D yang tinggi berkat algoritma SLAM, aplikasi ini berhasil menciptakan pengalaman belajar yang imersif, kontekstual, serta adaptif terhadap kebutuhan pembelajaran digital masa kini. Penelitian ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab serta mendorong pemanfaatan teknologi AR dalam pendidikan anak usia dini secara lebih luas.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
| Depositing User: | KEYSHA AULIA KEYSHA |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 09:03 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 09:03 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




