PUTROE, ADE LATIFA (2025) STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA BAITUL QIRADH AFDHAL LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (138kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
|
Text
SKRIPSI ADE LATIFA PUTROE.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan nasabah di Baitul Qiradh Afdhal Lhokseumawe, dengan fokus pada strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan nasabah pada Baitul Qiradh Afdhal Lhokseumawe khususnya pada para nasabah yang berada di Baitul Qiradh Afdhal Lhokseumawe. Fenomena yang dihadapi Baitul Qiradh saat ini yaitu banyak lembaga-lembaga yang saat ini memberikan pinjaman uang kepada masyarakat, bukan hanya bank saja tetapi juga ada pinjol dan Baitul Qiradh Afdhal adalah salah satu Lembaga yang menawarkan pemimjaman uang. Dengan banyaknya yang menawarkan jasa yang sama, maka mereka harus menjalankan strategi dengan memberikan pelayanan yang terbaik guna untuk mempertahankan kepuasan dari nasabahnya. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Baitul Qiradh Afdhal. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menurut (Nurdewi, 2022), penelitian kualitatif merupakan suatu objek yang dihubungkan dengan pemecahan suatu masalah baik dari sudut pandang teoritis maupun praktis. Penelitian kualitatif sering kali merujuk pada penelitian yang menggunakan data kualitatif (hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi) yang dianalisis oleh peneliti sebagai instrument penelitiannya. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pelayanan Baitul Qiradh Afdhal dalam meningkatkan kepuasan nasabah berfokus pada pendekatan yang mengutamakan prinsip syariah Dengan adanya strategi pelayanan ini, maka pihak Baitul Qiradh Afdhal mampu memberikan yang terbaik pada anggota nasabah nya. Pelayanan yang ramah, mudah diakses, dan cepat dalam proses pengajuan pembiayaan menjadi poin penting yang meningkatkan kenyamanan dan kepuasan nasabah. Kemudian hambatan yang sering dirasakan oleh Baitul Qiradh Afdhal adalah kendala yang saat ini masih terjadi yaitu adanya nasabah macet. Hal ini perlu solusi agar dapat menyelesaikan pembayaran tersebut, salah satunya yaitu terus – terusan mendatangi nasabah untuk melakukan pembayaran karena tiap – tiap nasabah yang melakukan pembiayaan di Baitul Qiradh Afdhal harus mengikuti persyaratan dan ketentuan yang telah diberikan, jadi tidak ada alasan kepada anggota nasabah untuk tidak melakukan pelunasan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63211 - Jurusan Administrasi Bisnis |
| Depositing User: | S.AB Ade Latifa Putroe |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:03 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 04:03 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




