Faqri, Ibnu (2025) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEBAGAI INOVASI DAN PENINGKATAN PELAYANAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KLINIK MITRA KELUARGA, BATUPHAT TIMUR). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Laporan_Tugas_Akhir_Ibnu_Faqri_210180108_Distribusi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Klinik Mitra Keluarga merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang menghadapi tantangan dalam mengelola data secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis web yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan di Klinik Mitra Keluarga. Sistem ini dirancang untuk mengelola data pasien, antrian, rekam medis, obat-obatan, penggajian, dan keuangan klinik secara terintegrasi dan terpusat. Klinik Mitra Keluarga yang sebelumnya menggunakan metode manual dan semi otomatis dalam pencatatan data pasien, rekam medis, dan pengelolaan stok obat mengalami kendala seperti potensi kehilangan data, konflik versi, serta rendahnya tingkat efisiensi dalam pelayanan. Maka, sistem informasi berbasis web yang dibangun dapat mengatasi masalah-masalah tersebut dengan memanfaatkan teknologi enkripsi dan autentikasi multi-faktor untuk menjaga keamanan data. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Kanban, yang memberikan fleksibilitas dalam manajemen alur kerja dan memastikan proses pengembangan sistem berjalan efisien dan efektif. Evaluasi sistem dilakukan melalui Black Box Testing untuk menguji fungsionalitas fitur, serta antarmuka pengguna (UI) dirancang dengan prinsip user-friendly agar mudah digunakan oleh staf administrasi klinik tanpa membutuhkan pelatihan intensif, yang tercermin dari hasil skor System Usability Scale (SUS) sebesar 73,125. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur antrian, rekam medis, dan manajemen data obat yang dapat diakses secara real-time oleh petugas klinik, dokter, dan admin. Meningkatkan kolaborasi antar staf tanpa risiko kesalahan data. Hasil penerapan sistem ini, Klinik Mitra Keluarga dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi kesalahan pencatatan, serta mempercepat proses pengelolaan rekam medis dan pendaftaran pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Ibnu Faqri
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:14
Last Modified: 02 Sep 2025 02:14
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by