Andriani, Fitri (2025) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL REALITY (VR) DENGAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN VISUALISASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover Fitri Andriani 210710029.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
Abstrak Fitri Andriani 210710029.pdf Download (245kB) |
|
|
Text
BAB 1 Fitri Andriani 210710029.pdf Download (374kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Fitri Andriani 210710029.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
Fitri Andriani 210710029.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan visualisasi matematis menjadi salah satu faktor penghambat dalam memahami konsep-konsep geometri secara mendalam. Kemampuan ini sangat penting membantu siswa membayangkan dan mempresentasikan objek-objek matematis secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan penggunaan dua media pembelajaran yaitu media pembelajaran Virtual Reality (VR) dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan visualisasi matematis siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 6 Lhokseumawe. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 di SMP Negeri 6 Lhokseumawe yang berjumlah 18 orang siswa kelas VIII-1 dan 21 orang kelas VIII-2 . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Siswa kelas VIII-1 menggunakan media Virtual Reality (VR) sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-2 menggunakan media Augmented Reality (AR) sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data yaitu tes kemampuan visualisasi matematis dan angket respon siswa terhadap penggunaan media. Pengujian hipotesis pada tes kemampuan visualisasi matematis uji parametrik yaitu Welch’s t-test berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tes kemampuan visualisasi matematis didapat nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,021. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis Sig. 2-tailed < 0,05, maka H_a diterima yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media Virtual Reality (VR) dengan Augemented Reality (AR) terhadap kemampuan visualisasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lhokseumawe.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Fitri Andriani |
| Date Deposited: | 29 Aug 2025 02:16 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 02:16 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




