rahmawati, mely (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI PELUANG. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
cover MELY RAHMAWATI 210710023.pdf Download (238kB) |
|
|
Text
abstrak MELY RAHMAWATI 210710023.pdf Download (285kB) |
|
|
Text
bab 1 MELY RAHMAWATI 210710023.pdf Download (317kB) |
|
|
Text
dapus MELY RAHMAWATI 210710023.pdf Download (268kB) |
|
|
Text
MELY RAHMAWATI 210710023.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
ABSTRAK MELY RAHMAWATI: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terintegrasi Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Materi Peluang. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terintegrasi Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Materi Peluang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan metode EDR (Educational Design Research). Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas XI-2 pada uji coba kelompok kecil, dan 25 orang siswa kelas XI-1 pada uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan instrumen tes. Teknik Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran dan analisis keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan penilaian oleh 2 ahli materi diperoleh persentase sebesar 93,27% dengan kriteria ”sangat valid”, (2) berdasarkan penilaian oleh 2 ahli media diperoleh persentase sebesar 92,26% dengan kriteria ”sangat valid”, (3) berdasarkan angket respon siswa kelompok besar memperoleh persentase sebesar 91,19% dengan kriteria ”sangat praktis”, (4) berdasarkan ketuntasan belajar 25 orang siswa dari hasil tes penguasaan materi media pembelajaran berbasis android memperoleh persentase sebesar 68% dengan kriteria ”Cukup efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android terintegrasi auditory, intellectually, repetition berbantuan articulate storyline 3 pada materi peluang sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Model Auditory Intellectually Repetition (AIR), Articulate Storyline 3
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mely MR Rahmawati |
| Date Deposited: | 28 Aug 2025 08:02 |
| Last Modified: | 28 Aug 2025 08:02 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




