Alda, Lyvia (2025) Analisis Penurunan Pondasi Tiang Pancang Pada Pembangunan Jembatan Proyek Pada Ruas Jalan Tol Binjai - langsa. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (121kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
|
Text
FULL TEXT..pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Jalan Tol Binjai – Langsa merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Sumatera yang mencakup struktur jembatan pile slab dengan sistem pondasi tiang pancang pada area bertanah lempung lunak. Tanah lempung lunak memiliki karakteristik daya dukung rendah dan konsolidasi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi besarnya penurunan pondasi tiang dengan data SPT. Metode yang digunakan yaitu metode Meyerhof dan API. Simulasi penurunan pondasi menggunakan PLAXIS 2D untuk tiang tunggal dan PLAXIS 3D untuk kelompok tiang. Hasil analisis menunjukkan besaran penurunan tiang tunggal pada Bore Log 1 sebesar 24,79 mm, Bore Log 2 sebesar 16,76 mm dan Bore Log 3 sebesar 22,70 mm. Dan hasil penurunan kelompok tiang pada Bore Log 1 sebesar 0,046 mm, Bore Log 2 sebesar 0,0191 mm dan Bore Log 3 sebesar 0,016 mm. Penurunan yang terjadi lebih kecil dari penurunan yang diijinkan yaitu 60 mm. Penurunan pondasi metode API memberikan hasil yang kecil dibandingkan metode Meyerhof. Simulasi dengan PLAXIS diperoleh penurunan yang mendekati estimasi metode Meyerhof. Kata Kunci : Penurunan Pondasi, Tiang Pancang, Meyerhof, API, Plaxis, SPT
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
| Depositing User: | Lyvia Alda |
| Date Deposited: | 28 Aug 2025 04:11 |
| Last Modified: | 28 Aug 2025 04:11 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




