Qanza, Aulya (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH KACA SEBAGAI SUBTITUSI SEBAGIAN AGREGAT HALUS TERHADAP KARAKTERISTIK ASPHALT AC - WC. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER (4).pdf

Download (98kB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I-2.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (162kB)
[img] Text
Skripsi Aulya cetak sidang cd burn.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan limbah kaca sebagai substitusi sebagian agregat halus terhadap karakteristik campuran Asphalt Concrete – Wearing Course (AC-WC). Variasi persentase limbah kaca yang digunakan adalah 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40% dari total berat agregat halus. Pengujian dilakukan melalui metode Marshall untuk mengevaluasi parameter densitas, Void in the Mix (VIM), Void in Mineral Aggregate (VMA), Void Filled with Asphalt (VFA), stabilitas, flow, dan Marshall Quotient (MQ), serta pengujian kuat lentur untuk menilai ketahanan beban lentur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan limbah kaca berpengaruh signifikan terhadap seluruh parameter Marshall. Densitas, stabilitas, dan MQ mencapai nilai optimum pada variasi 10% dengan nilai stabilitas 1477,95 kg dan Kadar Rongga 69,92 % limbah kaca, dengan densitas yang lebih tinggi dan penurunan VIM yang optimal. Nilai VMA dan VIM cenderung meningkat seiring bertambahnya kadar limbah kaca, sedangkan VFA mengalami penurunan. Nilai flow menurun pada variasi 10% dan meningkat kembali pada kadar yang lebih tinggi. Uji kuat lentur memperlihatkan bahwa variasi 10% menghasilkan kekuatan tertinggi sebesar 1,28 MPa, sedangkan variasi 30% menghasilkan 1,03 MPa. Berdasarkan hasil tersebut, substitusi limbah kaca sebesar 10% pada agregat halus memberikan kinerja lebih baik dan namun tidak memenuhi spesifikasi teknis Bina Marga 2018. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan limbah kaca pada batas optimum dapat menjadi alternatif material ramah lingkungan yang berpotensi mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi konstruksi jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Aulya Qanza
Date Deposited: 27 Aug 2025 05:06
Last Modified: 27 Aug 2025 05:06
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14495

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by