Siregar, Al Faathir Fajar (2025) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING POHON DI SEKITAR TIANG LISTRIK BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : PT PLN PERSERO ULP KOTA PINANG). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan pohon yang tumbuh liar di sekitar tiang listrik menjadi salah satu penyebab utama terganggunya jaringan distribusi listrik di Kota Pinang. Keberadaan pohon yang tidak sesuai dengan aturan PT PLN (Persero) yaitu minimal 3 meter jarak pohon dari tiang listrik dan jaringannya, hal ini tidak hanya membahayakan keselamatan masyarakat, tetapi juga berdampak pada gangguan aliran listrik yang bisa menyebabkan padamnya listrik di Kota Pinang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini merancang sebuah sistem berbasis website untuk memonitoring keberadaan pohon yang berbahaya di sekitar tiang listrik secara real-time dengan menerima data pengaduan dari masyarakat, sistem ini sebagai solusi agar pengaduan dari masyarakat kepada pihak PT PLN dapat diterima dan ditindaklanjuti secara cepat dan terstruktur yang dilengkapi dengan fitur push notification. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode Agile Extreme Programming (XP) yang menekankan proses pengembangan dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan pengguna secara bertahap. Tahapan dari metode ini yaitu perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, dan implementasi. Pengujian user acceptance testing (UAT) dilakukan dengan melibatkan 63 responden yang terdiri dari 5 petugas dan 58 masyarakat untuk menilai aspek desain, fungsionalitas, dan efisiensi sistem. Hasilnya, desain sistem mendapatkan nilai 92% (baik), fungsionalitas sistem mendapatkan nilai 92% (baik), dan efisiensi sistem mendapatkan nilai 93% (baik). Meskipun hasil pengujian cukup baik, ada faktor kelemahan didalam pengujiannya yaitu keterbatasan pemahaman sebagian masyarakat terhadap penggunaan teknologi digital. Sistem melibatkan tiga peran utama, yaitu masyarakat sebagai pelapor, admin sebagai verifikator, dan petugas sebagai pelaksana di lapangan. Setiap tahapan pengaduan disertai dengan notifikasi kepada masyarakat. Hasil penelitian ini berhasil meningkatkan efesiensi operasional dalam menangani gangguan pohon terhadap jaringan listrik dan sistem ini melibatkan masyarakat yang dapat melaporkan pohon berbahaya sehingga mempercepat pelaporan dan respon dari pihak pelayanan di lingkungan PT PLN (Persero) ULP Kota Pinang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Al Faathir Fajar Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:22
Last Modified: 25 Aug 2025 08:22
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14410

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by