HUTAPEA, ENISA WARNI (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HARDWARE DAN SOFTWARE MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (136kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
|
|
Text
ENISA WARNI HUTAPEA_210180017.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakter generasi Z yang lebih aktif dan akrab dengan teknologi digital. Di SMP Negeri 8 Lhokseumawe, materi pengenalan perangkat keras dan perangkat lunak komputer pada mata pelajaran Informatika masih menghadapi kendala, karena minat dan pemahaman siswa cenderung rendah akibat metode pembelajaran yang masih bersifat monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berupa game edukasi berbasis Android menggunakan Unity, yang dirancang khusus untuk membantu siswa kelas VII memahami konsep dasar hardware dan software komputer secara menyenangkan dan efektif. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: konsep, perancangan, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Game bernama ComStart ini dibangun menggunakan Unity dan menyajikan lingkungan dan objek 3D serta kuis interaktif untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Hasil pengujian dengan Unity Test Runner menunjukkan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik dan stabil. Selain itu, pengujian pada lima perangkat Android versi 10 hingga 15 menunjukkan game dapat berjalan lancar dan kompatibel di berbagai perangkat. Selanjutnya, berdasarkan hasil usability testing terhadap 40 siswa kelas VII, diperoleh respons positif terhadap aspek kemudahan penggunaan, tampilan menarik, dan penyampaian materi yang menyenangkan. Dengan demikian, game ComStart dinilai layak sebagai media pembelajaran alternatif yang interaktif dan sesuai dengan kebutuhan generasi digital saat ini.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
| Depositing User: | ENISA WARNI HUTAPEA |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:23 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 03:23 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




