FIDIYAH, SISKA (2025) PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ONLINE UNTUK RAKYAT (BAKSO URAT) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER SISKA.pdf Download (137kB) |
|
|
Text
ASBTRAK SISKA.pdf Download (231kB) |
|
|
Text
BAB I SISKA.pdf Download (297kB) |
|
|
Text
DAPUS SISKA.pdf Download (248kB) |
|
|
Text
Acc Cetak RILL.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pelayanan Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintahan, pembangunan baik secara konvensional dan digitalisasi sehingga merujuk pada teknologi yang mengguanakan sinyal elektronik yang dapat mengelolah, menyimpan dan mengirimkan informasi. Namun dalam menjalankan proses pelayanan administrasi kependudukan secara online terjadi permasalahan mulai dari proses pelayanan Adiministrasi Kependudukan secara digital masih lambat, sarana pada sistem digital belum optimal dan rendahnya kesadaran masyarakat dalam penggunaan teknologi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelayanan administrasi kependudukan secara online untuk rakyat belum optimal dan apa saja kendala dalam pelayanan administrasi kependudukan secara online untuk rakyat. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pelayanan administrasi kependudukan secara online untuk rakyat sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari daya tanggap petugas, keterbukaan informasi dan ketepatan waktu. Kendala pada pelayanan administarsi kependudukan secara online yaitu : sistem pelayanan berbasis digital belum optimal sering terjadi permasalahan pada aplikasi, permbuatan server belum memadai dikarenakan terjadinya efesiensi anggaran sehingga membuat Disdukcapil meminimalkan pembuatan server dan daya tanggap masyarakat belum seluruhnya paham dalam penggunaan pelayanan digital sehingga terdapat pelayanan administrasi kependudukan yang masih offline.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
| Depositing User: | Siska Fidiyah |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:14 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 07:14 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




