AMALIA, RISKA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER RISKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
ABSTRAK RISKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 1 RISKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAPUS RISKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
RISKA AMALIA (210130148).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di era revolusi industri 5.0 perkembangan teknologi semakin pesat dan memberikan dampak signifikan di berbagai sektor, termasuk di bidang pendidikan. Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan cukup tinggi, khususnya di Universitas Malikussaleh. Mahasiswa dari berbagai jurusan secara aktif menggunakan AI untuk menyusun tugas dan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Tingkat Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Literasi AI terhadap Kemampuan Berpikir Kritis mahasiswa Universitas Malikussaleh. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan pendekatan kuantitatif dan data dikumpulkan melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Malikussaleh yang menggunakan AI, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Tingkat Penggunaan AI (X1) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan T hitung sebesar 3,858 > 1,984. Sebaliknya, variabel Literasi AI (X2) tidak berpengaruh signifikan, dengan nilai signifikansi 0,541 > 0,05 dan T hitung 0,614 < 1,984. Uji F menghasilkan signifikansi 0,001 < 0,05 dan F hitung 9,911 > F tabel 3,088, yang menunjukkan bahwa secara simultan kedua variabel independen berkontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Selain itu, penggunaan AI berpengaruh signifikan terhadap seluruh aspek berpikir kritis, yakni kesimpulan, analisis, evaluasi, dan penguatan diri. Namun, Aspek kesimpulan memiliki pengaruh paling dominan dengan nilai T hitung tertinggi sebesar 10,345. Temuan ini menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa, namun penggunaan AI terbukti memberikan kontribusi nyata, khususnya dalam aspek kesimpulan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 26201 - Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Riska RA Riska Amalia
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:15
Last Modified: 21 Aug 2025 04:15
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14095

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by