Amanda, Destiara Kurnia (2025) Desain dan Implementasi Konsultasi Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Informatika Melalui Aplikasi Boardify Berbasis Mobile. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
DESTIARA KURNIA AMANDA_210170066_Cover.pdf Download (37kB) |
|
|
Text
DESTIARA KURNIA AMANDA_210170066_Abstrak.pdf Download (106kB) |
|
|
Text
DESTIARA KURNIA AMANDA_210170066_Bab 1.pdf Download (141kB) |
|
|
Text
DESTIARA KURNIA AMANDA_210170066_Daftar Pustaka.pdf Download (233kB) |
|
|
Text
DESTIARA KURNIA AMANDA_210170066_Desain dan Implementasi Konsultasi Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Informatika Melalui Aplikasi Boardify Berbasis Mobile.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah mendorong digitalisasi dalam pendidikan, termasuk dalam kegiatan bimbingan tugas akhir. Namun, belum banyak tersedia platform digital yang secara khusus dirancang untuk mendukung komunikasi interaktif antara mahasiswa dan dosen pembimbing. Untuk menjawab permasalahan ini, penelitian ini mengembangkan Boardify, sebuah aplikasi mobile yang ditujukan untuk memfasilitasi proses konsultasi tugas akhir di Program Studi Teknik Informatika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data dikumpulkan melalui observasi dan studi pustaka, kemudian dianalisis untuk menyusun persona pengguna, merancang ide solusi, dan membuat prototipe antarmuka aplikasi. Evaluasi dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS). Dari hasil uji coba terhadap 55 responden, diperoleh skor rata-rata SUS sebesar 75,6 yang termasuk dalam kategori “layak digunakan.” Uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kuisioner juga menunjukkan bahwa seluruh butir pernyataan valid dan reliabel. Temuan ini menunjukkan bahwa Boardify dapat memberikan pengalaman penggunaan yang baik dan meningkatkan efektivitas proses bimbingan tugas akhir secara digital. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan sistem konsultasi mobile yang berorientasi pada kebutuhan pengguna dalam lingkungan akademik. serta membuka peluang untuk penelitian lanjutan dalam integrasi fitur kecerdasan buatan atau analitik pembelajaran. Kata Kunci: Boardify, tugas akhir, aplikasi mobile, Design Thinking, System Usability Scale
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 55201 - Jurusan Teknik Informatika |
| Depositing User: | Destiara Kurnia Amanda |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:37 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:37 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




