NURLISA, ERWI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) PADA MATERI REAKSI REDOKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, and Create) berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) pada materi reaksi redoks terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi-Experimental menggunakan desain Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Sampel diambil dengan cara purposive sampling di SMAN 5 Lhokseumawe semester genap tahun ajaran 2024/2025, terdiri dari kelas eksperimen (24 peserta didik) dan kelas kontrol (26 peserta didik). Instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar angket motivasi yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal melalui uji coba. Dari 10 soal, 7 dinyatakan valid dan angket motivasi belajar juga valid digunakan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol, dengan nilai rata-rata posttest masing-masing 72,92 dan 55,66, serta rata-rata angket motivasi sebesar 90,42 dan 74,93. Uji normalitas dan homogenitas data menunjukkan distribusi data normal dan homogen. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 untuk kedua variabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, and Create) berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) pada materi reaksi redoks berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini memberikan rekomendasi penggunaan model RADEC berbasis SSI sebagai strategi pembelajaran efektif di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Erwi Nurlisa
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:53
Last Modified: 12 Aug 2025 03:53
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13752

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by