Hafidz, Ahmad (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Berbantuan Canva pada Materi Aritmatika Sosial. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
cover.pdf Download (101kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
|
Text
Ahmad Hafidz .pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi aritmatika sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis digital menggunakan metode pembelajaran role playing dengan memanfaatkan canva untuk siswa kelas VII. Pengembangan media ini didasari oleh kebutuhan akan inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar dan mempermudah pemahaman terhadap konsep-konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 1 Tanjung Balai dengan subjek penelitian siswa kelas VII-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid berdasarkan skor yang diperoleh. Adapun skor validasi bahasa yaitu 90% dengan kategori sangat valid, skor validasi materi yaitu 85% dengan kategori sangat valid dan skor validasi media yaitu 73% dengan kategori valid. Media ini juga dinyatakan sangat praktis, ditinjau dari hasil angket respon siswa yang menunjukkan skor 88% dan angket observasi keterlaksanaan penggunaan media dengan skor 81%. Selain itu, media ini dinyatakan sangat efektif ditunjukkan oleh jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan yaitu sebesar 85,18%. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan canva dengan metode pembelajaran role playing pada materi aritmatika sosial layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas VII.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Ahmad Hafidz |
| Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:46 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 03:46 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




