Intan, Syahrina (2025) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Video Animasi 3D Berbasis Plotagon terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
RAMA-COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
RAMA-ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
RAMA-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
RAMA-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
SKRIPSI SYAHIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang rendah disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti metode pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan minimnya pemanfaatan media pembelajaran dalam penyampaian materi. Salah satu solusi yang dapat diimplementasikan adalah penggunaan pendekatan contextual teaching and learning yang berpusat pada siswa dengan dukungan media video animasi 3D. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan video animasi 3D berbasis plotagon terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe pada materi statistika, khususnya submateri ukuran pemusatan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen quasi-experimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe, dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan kelas X-1 sebagai kontrol dan kelas X-2 sebagai eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis, kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test pada SPSS versi 20 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,018. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, jika nilai sig (p-value)≤0,05, maka H_0 ditolak dan jika nilai sig (p-value)>0,05, maka H_0 diterima. Disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis pada penelitian ini adalah H_0 ditolak artinya terdapat pengaruh pendekatan contextual teaching and learning berbantuan video animasi 3D berbasis plotagon terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Syahrina Intan
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:15
Last Modified: 11 Aug 2025 03:15
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13601

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by