Salama, Umi (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Abstrak.pdf.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Bab I.pdf.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Full-text.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi dan kolaborasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berfokus pada guru. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa, salah satunya adalah model Project Based Learning (PjBL) sebagai alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kolaborasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan jenis desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Batu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu X-2 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes dan non-tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan uji normalias Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene Statistic, uji-t dan uji Mann-Whitney dengan bantuan software SPSS versi 26. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000≤ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000≤0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemampuan kolaborasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Salama
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:11
Last Modified: 06 Aug 2025 03:11
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by