Salama, Umi (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf.pdf Download (320kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf.pdf Download (479kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf Download (262kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi dan kolaborasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berfokus pada guru. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa, salah satunya adalah model Project Based Learning (PjBL) sebagai alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kolaborasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan jenis desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Batu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu X-2 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes dan non-tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan uji normalias Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene Statistic, uji-t dan uji Mann-Whitney dengan bantuan software SPSS versi 26. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000≤ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000≤0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemampuan kolaborasi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Umi Salama |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:11 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 03:11 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




