Fitria, Lisa (2025) Analisis Tingkat Pelayanan Kinerja Simpang Empat Bersinyal Berdasarkan Pkji 2023 (Studi Kasus : Simpang Baiturrahman Kota Lhokseumawe). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kota Lhokseumawe merupakan salah satu wilayah perkotaan di Provinsi Aceh yang mengalami pertumbuhan pesat dalam sektor transportasi, ditandai dengan meningkatnya laju lalulintas. Fenomena ini menyebabkan terjadinya ketidakberaturan lalulintas, terutama pada area persimpangan jalan yang menjadi titik konsentrasi konflik antar kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang Baiturrahman dengan menggunakan PKJI tahun 2023, guna mengevaluasi tingkat pelayanan simpang serta memberikan rekomendasi perbaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah Survei yang dilakukan selama tujuh hari dengan LHR dan jam puncak tertinggi pada hari senin, pada jam puncak 17.00 – 18.00 dengan nilai LHR 1540,31 smp/jam. Dari hasil analisis kondisi eksisting nilai kapasitas C = 635 smp/jam dan derajat kejenuhan Dj = 0,46 serta panjang antrian didapat sebesar 26,12 meter pada pendekat utara, nilai kapasitas C = 504 smp/jam dan derajat kejenuhan Dj = 0,46 serta panjang antrian didapat sebesar 39,17 meter pada pendekat selatan, nilai kapasitas C = 929 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan Dj = 0,67 serta panjang antrian didapat sebesar 34,84 meter pada pendekat timur, nilai kapasitas C = 1125 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan DJ = 0,62 serta panjang antrian di dapat sebesar 32,91 meter pada pendekat barat, menunjukkan bahwa kinerja simpang Baiturrahman Kota Lhokseumawe memiliki nilai tundaan rata-rata simpang sebesar 43,61 det/smp dengan tingkat pelayanan E. Setelah dilakukannya perubahan waktu siklus maka nilai kapasitas simpang menjadi besar, nilai panjang antrian sebesar 15,85 meter dengan Dj 0,30 pada pendekat timur, panjang antrian pada pendekat selatan sebesar 23,94 dengan Dj 0,32, panjang antrian pada pendekat timur sebesar 20,70 meter dengan Dj 0,48 dan panjang antrian pada pendekat barat 19,50 meter dengan Dj 0,44 dan memiliki nilai tundaan rata-rata simpang sebesar 24,75 det/smp dengan tingkat pelayanan simpang berubah menjadi C.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Lisa Fitria
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:34
Last Modified: 05 Aug 2025 03:34
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13384

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by