Ceria, Fatma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN DASHTOON STUDIO DAN CANVA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
FATMACERIA_210710093_Cover.pdf Download (67kB) |
|
|
Text
FATMACERIA_210710093_Abstrak.pdf Download (116kB) |
|
|
Text
FATMACERIA_21O710093_Bab 1.pdf Download (236kB) |
|
|
Text
FATMACERIA_210710093_Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) |
|
|
Text
FATMACERIA_210710093_Pengembangan media pembelajaran komik berbasis digital menggunakan dashtoon studio dan canva pada materi transformasi geometri.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
FATMA CERIA: Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Digital Menggunakan Dashtoon Studio Dan Canva Pada Materi Transformasi Geometri. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Siswa mengalami kesulitan memahami konsep refleksi dalam transformasi geometri dan memiliki motivasi belajar yang rendah akibat penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Solusi yang ditawarkan adalah mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis dashtoon studio dan canva yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kevalidan media pembelajaran komik berbasis digital menggunakan dashtoon studio dan canva pada materi refleksi; (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran komik berbasis digital menggunakan dashtoon studio dan canva pada materi refleksi; (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran komik berbasis digital menggunakan dashtoon studio dan canva pada materi refleksi. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah R&D dengan model pengembangan 4-D. Produk awal divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan 5 respon siswa terhadap media pembelajaran, kemudian dilakukan revisi. Tahap berikutnya yaitu uji kepraktisan dengan memberikan lembar angket siswa kepada 25 siswa SMAN 5 Lhokseumawe. Selanjutnya uji keefektifan dilakukan dengan memberikan uji coba tes kepada 25 siswa SMAN 5 Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk media pembelajaran komik berbasis digital pada materi refleksi berlandaskan hasil penilaian yang diperoleh dari ahli media dengan skor rata-rata sebesar 98,05%, ahli materi sebesar 93,25%, ahli bahasa sebesar 93,7%, dan respon siswa terhadap keterbacaan media komik berbasis digital sebesar 92,04 % dengan kategori "sangat valid". (2) produk media pembelajaran komik berbasis digital pada materi refleksi dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh dari hasil angket siswa dengan persentase rata-rata sebcsar 95,4% dcngan kategori "sangat praktis". (3) produk media pembelajaran komik berbasis digital pada materi refleksi berdasarkan hasil tes penguasaan materi siswa dengan rata-rata 87,5% dengan kategori "sangat efektif". Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik berbasis digital menggunakan dashtoon studio dan canva pada materi refleksi dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Kata kunci: Komik berbasis digital, Dashtoon studio, Canva, Media pembelajaran
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Fatma Ceria |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:04 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 03:04 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




