Fahrozi, Yoga Pradana (2024) Analisis Kinerja Jalan Terhadap Kemacetan Pada Simpang Tak Bersinyal. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Fahrozi Yoga Pradana_180110062_Cover.pdf Download (50kB) |
|
Text
Fahrozi Yoga Pradana_180110062_Abstrak.pdf Download (140kB) |
|
Text
Fahrozi Yoga Pradana_180110062_Bab I.pdf Download (90kB) |
|
Text
Fahrozi Yoga Pradana_180110062_Daftar Pustaka.pdf Download (38kB) |
|
Text
Fahrozi Yoga Pradana_180110062_Analisis Kinerja Jalan Terhadap Kemacetan Pada Simpang Tak Bersinyal_Full-Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Simpang 4 Berandan Barat atau biasa di sebut simpang empat Kartni merupakan simpang yang terletak di kota pangkalan kota Brandan. Berdasarkan survey lapangan yang telah dilakukan simpang 4 tersebut sering mengalami kemacetan dan pelanggaran arus pergerakan yang berujung terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu perlu adanya analisi serta alternatif penanganan guna meningkatan kinerja pada simpang 4 tersebut. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada simpang tersebut sehingga penulis dapat memberikan solusi serta alternatif konsep simpang yang baik dan efektif dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, serta dengan mengunakan Ptv Vissim 9.0. Software Ptv Vissim pada penelitian Ini digunakan untuk melihat bagaimana kinerja pada simpang 4 Brandan Barat pada saat kondisi eksisting daan pada saat setelah dilakukannya evaluasi pada simpang tersebut secara 3D atau dalam bentuk yang nyata. Hasil analisis yang telat dilakukan melalui survey lapangan menunjukkan bahwa kapasitas pada simpang 4 tersebut sebesar 3008 skr/jam, dimana angka ini sudah melewati batas kapasitas dasar 2900 skr/jam dari simpang 4 tersebut. Sehingga nilai Derajat Kejenuhan (DS) pada simpang 4 Brandan barat adalah sebesar 0,98, dengan tingkat pelayanan E. Usulan penanganan meliputi perencanaan ulang pelebaran geometrik jalan. Pelebaran ini dilakukan pada setiap lengan kaki simpang yaitu pada pendekat A sebesar 1,2 m pada pendekat B sebesar 2 m pada pendekat C sebesar 1,2 m dan pada pendekat D 1,2 m. Analisis kuantitatif alternatif pelebaran geometrik jalan ini memberi penurunan pada Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 0,63, serta dengan tingkat pelayanan C dapat mengurangi konflik serta kemacetan yang terjadi pada simpang 4 Brandan Barat. Kata Kunci: Geometrik Jalan, Kemacetan, Peluang Antrian, Tundaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Fahrozi Yoga Pradana |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 03:09 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 03:09 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1325 |
Actions (login required)
View Item |